Resensi

SEAMOLEC and Core Program
09.54 | Author: Mas Jafar
Tentang SEAMOLEC
SEAMEO
SEAMOLEC (South East Asian Ministers of Education Regional Open Learning Center) ato Organisasi Menteri-menteri pendidikan asia tenggara untuk ODL (Open Distance Learnig)/Pendidikan Terbuka Jarak Jauh yang merupakan pusat pengembangan PTJJ di Asia Tenggara yang menjadi wakil dari Indonesia sebagai pusat riset pengembangan mutu pendidikan di Indonesia guna untuk peningkatan mutu pendidikan di Asia Tenggara. SEAMOLEC memiliki empat program utama :
-Penelitian dan Pengembangan
-Pelatihan
-Layanan Konsultasi
-Informasi
yang kesemua program itu berbasis pada PTJJ untuk national maupun internasional.

Vission:
To be the center of expertise ini open and distance learning.

Mission:
To serve one million clients in 2010 and to assist SEAMEO Member Countries in Identifying educational problems and finding alternative solutions for sustainable human resource development through the dissamination and effective use of ODL.



Jejaring Pendidikan di Asia Tenggara
Salah satu pengembangan ICT di SEAMOLEC adalah pemanfaatan teknologi Multicast dan IPV6 dalam pengembangan kualitas pendidikan untuk mendukung program SEA EduNet (South East Asian Education Network). Program SEA EduNet memungkinkan semua komunitas pendidikan di Asia Tenggara untuk melakukan program kerjasama pembelajaran dalam berbagai inovasi pembelajaran, termasuk pemanfaatan bahan ajar secara bersamaan dalam lintas negara-negara di Asia Tenggara. SEA EduNet sebagai jaringan ataupun portal diharapkan dapat menjadi sumber bahan ajar yang dikembangkan untuk dan oleh guru-guru di Asia Tenggara.


Karakteristik SEA EduNet:

-> Jejaring Pendidikan, SEA EduNet sebagai network yang memfasilitasi koneksi untuk menyatukan praktisi, institusi, sekolah, peserta didik, komunitas pendidikan maupun pemerintahan di Asia Tenggara.

->Repositori Program PTJJ, training dan peserta belajar perorangan, SEA EduNet menyediakan sumber-sumber belajar PTJJ yang dikembangkan oleh institusi dan praktisi pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak dengan mengikuti aturan copyright yang berlaku.

->Mekanisme PTJJ, SEA EduNet menyediakan berbagai layanan konsultasi dan kerjasama kepada semua negara, institusi dan praktisi pendidikan yang tertarik dengan sistem PTJJ dengan bantuan tenaga ahli PTJJ yang berasal dari kawasan Asia Tenggara maupun dunia.

->Sistem Digital, SEA EduNet memiliki dua sistem digital, e-Administration dan e-Payment. e-Administration sebagai database layanan pada peserta pembelajaran. Dua sistem e-Payment yang dikembangkan dalam SEA EduNet adalah micro payment dan macro payment.


Pada tahun 2008, SEA EduNet sudah dikembangkan di berbagai kota di Indonesia, Myanmar, Philipina, Thailand, dan Vietnam. Pengembangan SEA EduNet akan terus dilanjutkan ke berbagai negara negara-negara di Asia Tenggara, seperti Laos dan Kamboja yang sudah mengajukan proposal kepada SEAMOLEC.


JARC (JENI Asean Research Center)
JENI (Java Education Network Indonesia) merupakan sebuah kurikulum berbasis Open Source Java yang didukung oleh Departemen Pendidikan Nasional, SEAMOLEC, VEDC Malang, Sun Microsystem, dan JUG (Java User Group) Indonesia. Program JENI telah diluncurkan sejak mei 2007 dan telah diintegrasikan dalam kurikulum 70 kampus dan sekolah di 50 titik di Indonesia yang telah menjadi akademi regional maupun lokal dalam program ini. Untuk membantu pengembangan pembelajaran teknologi JAVA menggunakan JENI, maka dibangunlah dua pusat riset di Indonesia yaitu JENI Research Center (JRC) di VEDC Malang dan JENI Asean Research Center (JARC) di SEAMOLEC Jakarta. JARC diharapkan mampu sebagai wadah bagi para pelajar dan mahasiswa, tidak hanya di Indonesia tetapi juga regional Asia Tenggara.
SEAMOLEC sebagai pengembang PTJJ di Asia Tenggara memandang bahwa kurikulum JENI dan Aplikasi Permainan Edukatif berbasis mobile (Mobile Game Based Learning) dapat diintegrasikan dalam pola pembelajaran terbuka maupun jarak jauh utuk mendukung pembelajaran dapat dilakukan "diman saja, kapan saja, dan siapa saja". Oleh karena itu, dengan disseminasi program SEA EduNet (ASEAN Education Network) pada mitra-mitra SEAMOLEC.

Program:
-Pelatihan paket JENI 1-6
-Magang SMK & Perguruan Tinggi
-Portal produk
-Pembelajaran Online dan Forum diskusi
-Pameran & Lomba Game Nasional dan Regional

WEB:
-Jeni Portal
-Jeni Mailing list
-Jeni Game Portal


situs : seamolec
This entry was posted on 09.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 komentar:

On 9 Mei 2009 pukul 18.44 , Bygdanns mengatakan...

JAF, SAYA MINTA KONFIGURASI YANG DI STMIK SUBANG
KIRIM KE ALAMAT EMAIL KU :
yygrex@yahoo.com

PENTING.........

SEGERA KIRIM

 
On 9 Mei 2009 pukul 18.45 , Bygdanns mengatakan...

Jaf, tolong kirim konfigurasi multicas yang dari STMIK Subang
kirim
ke alamat saya aja :
yygrex@yahoo.com

Penting............

pie kabare bos

SEGERAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA .......
KIRIMMMMMMMMMMMMMM............

 
On 10 Mei 2009 pukul 09.23 , Mas Jafar mengatakan...

Iya mas sabar dan ditunggu aja, nanti saya kirim konfigurasinya.. Masih agak lumayan sibuk jadi lum sempet... ^_^
Kabarnya baek2 aja koug....
Gmn subang??

 
On 13 Mei 2009 pukul 06.28 , Bygdanns mengatakan...

jaf spek lebih lanjut nanti di kirim

HDD 120 GB
RAM 1 GB
VGA 128 MB
WIFI
CAM
MERK MACAM MACEM

 
On 13 Mei 2009 pukul 06.31 , Bygdanns mengatakan...

NANTI SAYA KIRIM ULANG VIA EMAIL OCEH......................
KIRIM JUGA KONFIGURASI MULTICAST STMIK BOS.................

 

Domain gratis

CO.CC:Free Domain