Resensi

Abstrak
21.19 | Author: Mas Jafar
Pengembangan Potensi Pendidikan Jarak Jauh di Provider STMIK Subang yang mencakup wilayah Kab. Subang, Kab. Purwakarta, Kab. Karawang, Kab. Bekasi dan Kota Bekasi dalam Rangka Meningkatkan Akses Perguruan Tinggi

Disusun oleh :
M. JA’FAR SHODIQ CHOIRI



ABSTRAK

Pengajaran adalah segala sesuatu mengenai mengajar, pengajaran merupakan unsur pendidikan, tetapi aspek yang dominan dikembangkan adalah aspek kognitif. Tidak semua yang diharapkan dalam pengajaran di universitas/secara reguler dapat berjalan secara efektif. Banyak problem yang timbul sehingga perlu diteliti dan didapat jalan keluaran dengan Pendidikan Terbuka Jarak Jauh D3 TKJ, itulah yang menjadi latar belakang masalah.

Perumusan masalah meliputi monitoring dan evaluasi pelaksanaan PTJJ, problem yang muncul dan harus dihadapi dalam pelaksanaan program PTJJ serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahannya, serta peningkatan kapasitas 2, 3, bahkan 5 kali dari standard yang ada.

Sedangkan tujuan monitoring dan evaluasi adalah untuk mensinkronisasi pelaksanaan PTJJ-D3TKJ dengan standart open and distance learning (ODL) SEAMOLEC. Pemanfaatan teknologi multicast dalam SEA EduNet sebagai media sarana pemertaan materi dan data perkuliahan PTJJ. Meningkatkan pemerataan kualitas dan perluasan akses pendidikan tinggi provider STMIK Subang kepada masyarakat melalui PTJJ.

Pembahasan skripsi mengenai monitoring dan evaluasi ini menggunakan metode pengisian angket dimana responden dari jumlah mahasiswa yang ada pada STMIK Subang. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian ditabulasi dan dihitung perolehannya. Data yang tidak sesuai dengan kondisi riil setelah dilakukan konfirmasi silang (antara mahasiswa – dosen/provider atau tidak didukung data sekunder) dinyatakan gagal dan score 0/sama dengan abstain. Selanjutnya data yang telah teruji dihitung dan dijumlah dan hasil dari penjumlahannya adalah sebuah prosentase. Analisis data menggunakan metode dengan rumus SKOR YG DIPEROLEH/SKOR MAKSIMAL X 100%

Dalam monitoring dan evaluasi ini mengedepankan statistika penelitian problematika PTJJ D3TKJ di provider STMIK Subang antara lain : efisiensi pelaksanaan program PTJJ, problem yang muncul dalam pelaksanaan PTJJ serta solusi untuk penyelarasan dalam program tersebut, usaha untuk peningkatan kualitas agar menjadi daya beli masyarakat di kabupaten subang sehingga dapat meningkatkan mutu akses menjadi 2, 3, bahkan 5 kali dari standard yang ada di Kabupaten Subang.


DAFTAR ISI


Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Maksud dan Tujuan
C. Rumusan Masalah
D. Batasan Masalah
E. Sasaran
F. Hasil Yang Diharapkan
G. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi

Bab II Teori Penunjang
A. SEAMOLEC dan SEA EduNet
a. Jejaring pendidikan
b. Repotisori program PTJJ, training dan peserta belajar perorangan
c. Mekanisme PTJJ
d. Sistem digital
B. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Jarak Jauh
a. Pengertian pendidikan
i. Dasar dan tujuan
ii. Pelaksanaan pendidikan
b. Pendidikan jarak jauh
i. Dasar dan hukum
ii. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Bab III Metodologi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi HiForce
A. Penentuan Peserta Sasaran Monev
B. Fokus Monitoring dan Evaluasi
C. Teknik Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi
D. Pengolahan Data
E. Main Map

Bab IV Hasil Monitoring dan Evaluasi
A. Latar Belakang Objek
1. Profil Perguruan Tinggi Provider D3 TKJ
2. Profil Peserta D3 TKJ provider STMIK Subang

B. Penyajian Data
1. Pelaksanaan D3 TKJ
a. Hasil Interview
1) Produk layanan
2) Desain dan pengembangan pembelajaran
3) Infrastruktur dan fasilitas
4) Sumber daya manusia

b. Kuisioner Program Teknisi Jardiknas bagi Mahasiswa
1) Kabupaten Subang
a) Jenis kelamin mahasiswa D3 TKJ
b) Status sebelum mengikuti teknisi jardiknas
c) SDM dan sarana institusi tempat magang
d) Perbadingan jumlah siswa dengan jumlah komputer
e) Prosentase sambungan internet institusi tempat magang
f) Prosentase bidang/program studi yang ditekuni untuk meneruskan D4/S1
g) Prosentase sertifikat CISCO dan JENI yang diperoleh
h) Prosentase manfaat program teknisi jardiknas
2) Solusi/Pemecahan Masalah

2. Permasalahan pelaksanaan D3 TKJ
a. Kendala pelayanan
i. Provider Perkuliahan
ii. Koordinasi Provider dan ICT Center
iii. Pelayanan ICT Center terhadap Mahasiswa D3 TKJ
iv. Sekolah Tempat Magang
v. Institusi Tempat Magang
vi. Solusi/Pemecahan Masalah
vii. Potensi Kabupaten/Propinsi
viii. Usulan Peningkatan yang akan datang
b. Usulan Peningkatan yang akan datang

Bab V Kesimpulan dan Rekomendasi
A. Kesimpulan
B. Rekomendasi
This entry was posted on 21.19 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

Domain gratis

CO.CC:Free Domain